Fakultas Peternakan (Fapet) IPB University kembali menggelar Workshop on Forage Production and Processing yang ketiga di Meeting Room Himalaya 5 Hotel Swiss Bell, Bogor (20-21/8). Kegiatan ini menghadirkan staf pengajar divisi Ilmu dan Teknologi Tumbuhan Pakan dan Pastura Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan IPB University, seperti Prof. Dr. Ir. Panca Dewi MHKS, MS., Prof. Dr. Ir. Luki Abdullah, M.Sc.Agr., Dr. Iwan Prihantoro, S.Pt., M.Si., Dr. Ir. Asep Tata Permana, M.Sc., dan Dr.rer.nat. Nur Rochmah Kumalasari, S.Pt. M.Si. Workshop ini merupakan diskusi lanjutan dari Workshop on Forage Production and Processing yang kedua dalam rangka finalisasi dokumen SKKNI bidang hijauan pakan ternak.

Workshop ketiga ini berfokus pada pengembangan dokumen di sesi workshop kedua. Diskusi sebelumnya menyepakati terkait dengan jabatan-jabatan yang ada di dalam rancangan SKKNI Pengelolaan Kebun Hijauan Pakan Ternak yaitu Manager Kebun Hijauan Pakan Ternak, Supervisor Hijauan Pakan Ternak, Operator Produksi dan Panen Hijauan Pakan Ternak serta Operator Pascapanen dan Pengolahan Hijauan Pakan Ternak. 

Sejumlah unit kompetensi telah dirumuskan dan akan dikembangkan di workshop sebelumnya kembali dibahas. Beberapa elemen kompetensi, kriteria unjuk kerja, batasan variabel, dan panduan penilaian juga ikut dirumuskan. Diskusi membahas hal-hal yang harus dikuasai oleh manajer, supervisor, operator produksi dan panen, serta operator pascapanen dan pengolahan kebun hijauan pakan ternak. Draft SKKNI yang telah disusun selanjutnya akan dikirimkan ke Sertifikasi dan Standarisasi Pusat Pelatihan BPPSDMP untuk di-review. 

“Harapannya SKKNI dapat segera difinalisasikan dan dapat digunakan untuk melakukan sertifikasi”, jelas Prof. Dr. Ir. Luki Abdullah, M.Sc.Agr., sekaligus menutup kegiatan workshop yang dilaksanakan selama 2 hari tersebut. (Welas)