Teknologi Produksi Ternak

Program Pendidikan Sarjana  (S1)

Teknologi Produksi Ternak

 

 
 
 
Program Studi Teknologi Produksi Ternak menekankan pada kemampuan menerapkan, mengembangkan, dan menciptakan ilmu di bidang produksi ternak untuk kebutuhan masyarakat .
 
Program Studi Teknologi Produksi Ternak telah terakreditasi A oleh BAN PT bernomor 938/SK/BAN-PT/Ak.Ppj/S/III/2023 (⇒ Lihat akreditasi),  berlaku sampai tahun 2028. Departemen IPTP juga telah mendapatkan sertifikat internasional ASIIN dan AUN-QA (Asean University Network).
 
Ilmu Penting yang dipelajari di Program Studi TPT adalah Ilmu Reproduksi Ternak, Pemuliaan Ternak, Produksi Ternak Potong, Produksi Ternak Unggas, Infertilitas dan sterilitas, Manajemen Feedlot, Ilmu Tilik Ternak, Inseminasi Buatan, lmu Ternak kerja pembibitan Ternak Unggas
 
Program ini membuka jalur masuk melalui SNBP, SNBT, ketua OSIS, PIN, BUD/Kerjasama, dan SM-IPB dengan daya tampung 120 orang mahasiswa. untuk mendapatkan informasi mengenai semua jalur masuk tersebut, dapat mengakses alamat http://admisi.ipb.ac.id
 
Kegiatan perkuliahan dilaksanakan di Kampus IPB Dramaga Bogor, baik di kelas maupun di laboratorium lapangan Fakultas Peternakan IPB.
 

Learning Outcome
 
  1. Mampu mengidentifikasi produksi dari kualitas ternak dilihat dari aspek genetik, fisiologi, dan fisik dengan pendekatan konvensional atau bioteknologi.
  2. Mengelola usaha peternakan dengan produksi maksimum dan kualitas produk yang baik dalam keberlanjutan pertanian
  3. Mampu memahami dan menerapkan teknologi produksi ternak, teknologi hasil ternak, penanganan limbah dan hasil ikutan ternak.
  4. Mampu memahami,  menerapkan dan mengidentifikasi sifat-sifat ternak, potensi genetik dan penerapannya.
  5. Mampu berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tulisan, dan keingintahuan untuk mengembangkan science dan teknologi dalam bidang produksi dan teknologi peternakan.
  6. Mampu mengevaluasi proses produksi yang berkelanjutan.

KOMPETENSI LULUSAN

Lulusan Program Studi Teknologi Produksi Ternak mendapat gelar Sarjana Peternakan (S.Pt).  Sarjana Peternakan lulusan Program Studi Teknologi Produksi Ternak diharapkan  mampu merencanakan, melaksanakan dan mengembangkan usaha peternakan, menguasai teknologi produksi dan pengelolaan limbah serta mampu menangani dan mengolah hasil ternak.


 PROSPEK KERJA

Lulusan Program Studi Teknologi Produksi Ternak dapat bekerja pada bidang :

Pemerintah :

  1. Dosen
  2. Peneliti
  3. Dinas Peternakan
  4. Pemerintah Daerah
  5. Karantina Hewan

Swasta :

  1. Pembibitan Ternak
  2. Pengolahan Hasil Ternak
  3. Rumah Pemotongan Hewan
  4. Retail Produk Peternakan
  5. Karantina Hewan
  6. Badan Kajian Analisis Mutu
  7. Analisis Usaha
  8. Market and Resto
  9. Food Service
  10. Perbankan
  11. dll

Wirausaha :

  1. Budidaya ternak
  2. Pengolahan Hasil Ternak
  3. Distribusi dan Pemasaran Ternak dan Hasil Ternak

 JALUR PENERIMAAN DAN DAYA TAMPUNG

 

⇒ Jalur Penerimaan

⇒ Daya Tampung

 


 MATA KULIAH

Klik --> Deskripsi lengkap mata kuliah pada Program Studi Teknologi Produksi Ternak

 

Untuk mendapatkan informasi yang lebih mendetail, dapat menghubungi Departemen Imu Produksi dan Teknologi Peternakan (IPTP), Fakultas Peternakan IPB, Jalan Agatis Kampus IPB Darmaga Bogor,telp. dan fax.  0251-8628379, email departemen_iptp@apps.ipb.ac.id dan situs web http://iptp-fapet.ipb.ac.id 



Lihat Semua Berita >>