Fakultas Peternakan IPB Gelar International Seminar ICare

Rabu, 10 November 2021, Fakultas Peternakan IPB University menggelar acara The 1st International Conference on Sustainable Animal and Enviroment 2021 (ICARE 2021). Kegiatan ini dilakukan selama 2 hari yaitu 10-11 November 2021 dengan mengusung tema “Contribution of Animal Science towards Sustainable Development Goals”. Kegiatan international conference ini dibuka oleh Rektor IPB University, Prof. Dr. Arif Satria, SP, M.Si. Dalam pembukaannya Prof. Arif Satria menyampaikan bahwa ICARE merupakan kegiatan yang tepat untuk mempromosikan dan membagikan hasil-hasil penelitian berdasarkan pengalaman dan penelitian dalam bidang peternakan. Prof. Arif Satria berharap kegiatan ICARE dapat menghasilkan ide dan solusi dalam menghadapi era distrupsi dan mampu mendukung revolusi industri 4.0 di bidang peternakan.

Dekan Fakultas Peternakan IPB Dr Idat Galih Permana  menambahkan acara ini merupakan bentuk komitmen Fapet IPB sebagai institusi pendidikan dan riset dalam diseminasi hasil riset dan kolaborasi dengan berbagai institusi baik dari dalam maupun luar negeri dan masyarakat.

Prof. Dr. Asep Gunawan, S.Pt., M.Sc., selaku ketua panitia ICARE melaporkan bahwa Jumlah afiliasi yang berpartisipasi dalam kegiatan ini berasal dari 21 institusi baik dari dalam maupun luar negeri. Jumlah seluruh peserta yang terlibat dalam kegiatan ini adalah sebanyak 277 orang. Invited speakers dan peserta seminar yang terlibat berasal dari 13 negara diantaranya Australia, Jepang, Belanda, Jerman, Turkey, China,  Korea Selatan, Thailand, Filipina, Malaysia, Sudan, Bangladesh  dan Indonesia. “Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat berkontribusi dalam keberlangsungan dan pengembangan dunia peternakan baik di dalam level nasional maupun internasional.” Lanjut Prof. Dr. Asep Gunawan SPt., MSc

ICARE 2021 terdiri atas 3 acara utama yaitu Keynote Session, Plenary Session, dan Parallel Session. Keynote session menghadirkan pembicara yang berasal dari Kementrian Pertanian, Badan Riset dan Inovasi Nasional, dan Wakil Gubernur Sumatera Barat. Plenary session mengundang invited speaker sebanyak 9 orang dari 8 negara, yaitu Prof. Graham Gardner (Australia), Prof. Masahiro Ogawa (Japan), Prof. Jo Cheorun (South Korea), Prof. Yusuf Konca (Turkey), Prof. Cece Sumantri (Indonesia), Assoc. Prof. Longyu Zheng (China), Assoc. Prof. Hasliza Hassim (Malaysia), Prof. Luki Abdullah (Indonesia), dan Marion De Vries, Ph.D (Netherland).

 Pada parallel session, sebanyak 66 peserta membagikan ilmu dan hasil-hasil penelitiannya dalam 5 ruang yang berbeda, yaitu Animal Product’s Technology; Animal Feed and Nutrition; Animal Nutrition, Forage and Feed Technology; Animal Breeding, Genetic and Environment; Animal Management, Production, Logistic and Welfare.  Para peserta yang hadir secara aktif berdiskusi dengan pembicara dan berharap dapat ikut serta dalam kegiatan mendatang (Nur Rochmah Kumalasari_Fapet)