IPB University Perpanjang Kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Banjarnegara

IPB University kembali memperpanjang kerjasama dengan pemerintah Kabupaten Banjarnegara. Dalam lawatannya itu, tim IPB University diwakili oleh Muhamad Baihaqi, SPt, MSc, Dr Iwan Prihantoro dan Edit Lesa Aditia, MSc. Tim IPB University diterima oleh Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) yang diwakili oleh Sekretaris Dinas dr Junita Prasetyaningsih, MPh beserta jajarannya. 

Dalam kunjungan kali ini, IPB University dan Pemerintah kabupaten Banjarnegara sepakat untuk terus memperpanjang kerjasama. IPB University berkomitmen akan terus mendorong kemajuan bidang pertanian secara umum di Kabupaten Banjarnegara. Upaya tersebut akan diwujudkan melalui beragam kegiatan, salah satunya adalah kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik yang akan dilakukan pada tahun 2022 dan kegiatan penelitian maupun pengabdian masyarakat lainnya.

Muhamad Baihaqi menjelaskan bahwa kegiatan KKNT IPB university memiliki keunikan tersendiri sehingga menjadi pembeda dengan kegiatan sejenis dari perguruan tinggi lain. Dosen IPB University itu menyebut, KKNT IPB University dirancang sesuai dengan tema-tema spesifik di bidang pertanian secara umum yang menjadi core competence IPB University. Dengan demikian, kemanfaatan program ini dapat dirasakan lebih besar oleh mitra. 

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara juga berharap bisa terus menjadi wilayah binaan IPB University.  “Terdapat dua isu utama di Kabupaten Banjarnegara yaitu pengentasan kemiskinan ekstrem dan stunting, harapannya keberadaan sivitas akademika IPB University dengan reputasi di bidang pertanian mampu membuat terobosan dan inovasi untuk mengatasi hal ini,” ungkap dr Junita.  

Di akhir pertemuan disepakati bahwa kerjasama antara IPB University dan Pemerintah Kabupaten Banjarnegara akan ditindaklanjuti dengan pembuatan surat perjanjian kerjasama (ipb.ac.id)