Mahasiswa KKN-T IPB University Kenalkan Sistem Perkandangan dan Pengolahan Limbah Ternak Sapi dan Kambing di Desa Kelubir

Peternak kambing dan sapi serta masyarakat Desa Kelubir, Kecamatan Tanjung Palas Utara, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara mengikuti kegiatan Penyuluhan Peternakan 2 yang diadakan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Tematik (KKN-T) IPB University. Kegiatan dilakukan di salah satu rumah warga, Warsiman, yang juga peternak kambing, (16/7).

Mahasiswa KKN-T IPB University, Hylda Aprillia mengatakan, kegiatan penyuluhan ini mengusung materi tentang sistem perkandangan dan pengolahan limbah ternak baik kambing maupun sapi. Hal ini merupakan kegiatan penyuluhan lanjutan dari kegiatan penyuluhan peternakan sebelumnya, yaitu terkait edukasi manajemen sanitasi kandang, penyediaan dan pemberian pakan ternak di Desa Kelubir, awal Juli lalu.

Materi disampaikan oleh dua mahasiswa KKN-T, Rizki Maulana Fadhila dan Zainul Arifin. Keduanya merupakan mahasiswa Fakultas Peternakan (Fapet) IPB University. Dalam kesempatan itu, Rizki menjelaskan terkait pengenalan sistem perkandangan.

“Materi edukasi pengenalan sistem perkandangan yang diberikan meliputi fungsi kandang, syarat mendirikan kandang, model kandang, tipe atap kandang, bahan kandang, luasan kandang, dan konstruksi kandang,” terang Rizki, Mahasiswa IPB University dari Departemen Teknologi Produksi Ternak, Fapet IPB University.

Sementara Zainul Arifin, mahasiswa IPB University dari Departemen Teknologi Hasil Ternak, Fapet memaparkan terkait pengolahan limbah ternak. Ia menerangkan pengertian pupuk kandang, bentuk saluran limbah ternak, proses instalasi saluran limbah, tempat pengolahan pupuk, peralatan pengolahan limbah dan cara pengolahan limbah ternak menjadi pupuk kandang.

Pelaksanaan Penyuluhan Peternakan 2 diiringi dengan praktik pembuatan pupuk kandang bersama para peserta di pekarangan rumah Warsiman. Peserta terlihat sangat antusias dalam pelaksanaan kegiatannya.

“Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat, terutama peternak kambing dan sapi dapat mengetahui dan mempraktikkan sistem perkandangan ternak yang ideal serta pengolahan limbah ternak. Sehingga dapat meningkatkan produktivitas ternak, mengurangi pencemaran lingkungan dan meningkatkan pendapatan dari pupuk kandang yang dihasilkan,” ungkap Zainul Arifin.

Perwakilan PT Pesona Khatulistiwa Nusantara (PKN), Danang Kisowo Jenar yang turut hadir berharap kegiatan ini dapat berlanjut dan dipraktikkan oleh para peternak di Desa Kelubir (ipb.ac.id)