Pascasarjana

Kuliah Pascasarjana ?
Fapet IPB tempat yang tepat

Departemen IPTP

Producing Professionals
in Livestock Industry

Departemen INTP

Better Feed for Better
Animal Product

 

Pendaftaran

Universitas Berkelas Dunia, Berkualitas, dan Terakreditasi Internasional

Fakultas Peternakan (Fapet) IPB University menggelar Mini Workshop Penggunaan Teknologi Multispectral Imaging Feed Sample di Ruang Sidang  dan Ruang Inovasi Fakultas Peternakan, Kampus IPB Dramaga (16/6). Dr. Daniel Uyeh, seorang peneliti  dan dosen aktif di Departemen Biosystems and Agricultural Engineering, Michigan State University, USA berperan sebagai pemateri.

Dr. Daniel yang baru kali pertama bertandang ke Indonesia ini mengatakan dengan kecerdasan buatan pada sistem ini bisa memprediksi kandungan nutrien pada pakan ternak. Selain itu, multispectral imaging technology juga dapat digunakan  untuk mendeteksi kontaminasi atau pemalsuan bahan pakan. Teknologi ini tentu saja merupakan hal baru dan menarik bagi peserta mini workshop yang terdiri dari dua puluhan mahasiswa partisipan tersebut.

Dekan Fapet IPB Dr Idat Galih Permana, M.Sc.Agr menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kesempatan untuk berdiskusi ”Bagi kami ini merupakan hal yang baru sebab sejauh yang kita ketahui tidak ada industri yang menggunakan teknologi ini untuk menganalisa dan untuk diaplikasikan pada quality control pakan ternak”ujarnya. “Fakultas Peternakan IPB sudah  memiliki A near-infrared  spectrometry (NIRS) di laboratorium yang merupakan instrumentasi untuk analisis kandungan nutrien bahan pakan secara cepat,  namun saat ini masih perlu untuk mengembangkan basis datanya ”lanjutnya.

Mini workshop dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Sumberdaya, Kerjasama dan Pengembangan Fapet Dr. Sri Suharti serta dimoderatori oleh Dr. Windi Al Zahra. Beberapa peserta yang terdiri dari mahasiswa Fapet dari mulai program Sarjana sampai Pascasarjana terlihat aktif dalam sesi diskusi, tanya jawab serta training secara hybrid dengan menampilkan 3 mahasiswa dari Michigan.

Jafar Sumahta Munte, peserta mini workshop yang berasal dari prodi Teknologi Produksi Ternak, mengaku mengenal kembali masking dan mendapatkan warna yang mewakilkan suatu bahan pakan “Program ini sangat bagus karena kolaborasi dengan luar negeri jadi sangat membantu kita yang di Indonesia jadi bisa lebih banyak tahu lagi tentang bahan pakan”ujarnya. (Femmy)


Sosok

Suswono

Suswono


Menteri Pertanian (Mentan) RI merupakan sosok yang selalu menjadi dambaan dan panutan mahasiswa-mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB). Selain karena peranannya yang sangat berdampak di Indonesia, hal ini juga karena IPB dan sosok menteri ini memiliki kesamaan yakni konsentrasinya di bidang pertanian. Dr. Ir. H. Suswono, MMA, yang .... readmore..

Inovasi

Indigofeed

Indigofeed


Produk pakan ternak Indigofeed ini memiliki kelebihan daripada pakan ternak kambing kebanyakan. Pertama, harganya yang cukup hemat sehingga peternak yang sebagian besar masih terkendala biaya bisa sedikit bernapas lega dan meraih untung yang lebih tinggi .... readmore..