News

Fakultas Peternakan (Fapet) IPB University menerima kunjungan benchmarking dari Universitas Musamus (Unmus) Merauke pada Jumat, (17/03) di Ruang Sidang Fapet. Tamu kunjungan diterima langsung oleh Dekan Dr. Ir. Idat Galih Permana, M.Sc.Agr, Wakil Dekan Bidang Sumberdaya, Kerjasama, dan Pengembangan Dr Sri Suharti, S.Pt, M.Si. Kunjungan benchmarking berjumlah 26 orang terdiri dari Dekan, Dosen dan Tenaga Kependidikan dari Fakultas Teknik dan Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan, Unmus, Merauke.

Acara kunjungan diawali dengan pengenalan Fapet oleh Wakil Dekan Bidang Sumberdaya, Kerjasama dan Pengembangan Fapet Dr. Sri Suharti, S.Pt, Msi. “Di Fapet kita ada 3 Prodi yaitu Teknologi Produksi Peternakan, Nutrisi dan Teknologi Pakan serta Teknologi Hasil Ternak. Ketiga Prodi tersebut sudah terakreditasi nasional BAN-PT baik menuju unggul dan dua diantaranya sudah terakreditasi internasional ASIIN” jelasnya.

Fapet IPB dipilih karena sudah terakreditasi dan peserta diharapkan bisa mendapatkan inspirasi setelah melakukan kunjungan yang juga merupakan bagian dari Training of Trainer Pengembangan Kurikulum Prodi Berbasis Learning Outcome Base Education ini.

Dekan Fapet IPB Dr. Idat Galih Permana menyambut baik kunjungan tersebut “Kita belajar dari berbagai universitas dan institusi dalam rangka melakukan peningkatan kinerja dan kualitas. Di setiap institusi ada hal-hal baik yang bisa kita terapkan”ujarnya.

Dekan Fakultas Teknik Universitas Musamus, Ir. Frederik H. Sumbung, S.T., M.Eng. menyampaikan apresiasi atas penerimaan pihak Fapet IPB “Kita belajar pada senior yang ada di Fapet, semoga bisa menjadi sharing partner untuk belajar terutama di bidang Kurikulum. Kebetulan di kami juga ada Fakultas Pertanian dan prodi peternakan, saya pikir itu bisa menjadi rekomendasi untuk kolaborasi ke depannya ”ujarnya.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan prodi oleh Kadep INTP Dr. Heri Ahmad Sukria dan Kadep IPTP Prof. Asep Gunawan lalu diskusi serta tanya jawab antar peserta dan pihak Fapet.(FD)

Dalam rangka mempererat silaturahmi, Fakultas Peternakan (Fapet) IPB University bersama Himpunan Pensiunan Fapet menggelar kegiatan Jalan Pagi Sehat (Japas) serta Campus Tour pada 13/5. Sebanyak hampir 50 orang warga Fapet yang terdiri dari pensiunan baik dosen maupun tenaga kependidikan, pimpinan serta tenaga kependidikan mengikuti kegiatan tersebut.

Kegiatan tersebut dimulai dengan berkumpulnya para peserta di Parkiran Fapet, lalu dengan kendaraan bus IPB para peserta dibawa menuju Danau SDGs untuk menikmati pemandangan yang indah serta udara yang segar. Perjalanan dilanjutkan menuju kandang sapi, closed house broiler, lalu kandang domba, dan akhirnya turun ke taman semangat. Puas di area kandang dan kebun, peserta dibawa kembali berkeliling ke arah Rektorat dan area koin IPB untuk mengabadikan momen.

Perjalanan selanjutnya, peserta dibawa ke Museum dan Galeri IPB yang berlokasi di Landhuis untuk mengenang sejarah IPB dari mulai didirikan hingga saat ini. Puas berkeliling, perjalanan berakhir kembali di lobby Fapet. Para peserta beristirahat sambil beramah-tamah antar pensiunan maupun civitas Fapet yang masih aktif.

Prof. Emeritus Dr. Peni S. Hardjosworo, M.Sc, pensiunan guru besar Fapet yang menggagas kegiatan tersebut, sangat terkesan dengan perhatian yang diberikan oleh pihak Fapet. “Apa yang Anda lakukan ini sesuai dengan yang kita harapkan, yang kita inginkan. Anda-anda mempunyai kepribadian yang menghormati orangtua,” ujarnya. Prof. Peni juga berdoa dan berharap agar kemajuan-kemajuan penelitian di Fapet tetap berlanjut dan semakin tinggi lagi.

Dekan Fakultas Peternakan IPB University, Dr. Idat Galih Permana, turut mengapresiasi kehadiran para pensiunan Fapet di acara tersebut. “Ini adalah suatu kebahagiaan dan kehormatan buat kita yang saat ini masih aktif dikunjungi oleh Bapak-Ibu senior, guru-guru kami, juga para tendik yang dulu sama-sama membimbing kita semua. Bekal dari Bapak-Ibu selaku para senior sangat luar biasa dan jadi pijakan buat kita untuk terus berkembang di Fapet,” ungkapnya. “Selama sekian tahun memang ada perubahan yang terjadi di IPB, ada banyak fasilitas yang dikembangkan di IPB dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di kampus,” tambahnya. (FD)

Fakultas Peternakan (Fapet) IPB University menggelar Halal bi Halal 1445 H dan Pelepasan Purnabakti  di Auditorium J. H. Hutasoit, Fakultas Peternakan pada Selasa 25/4. Kegiatan yang mengusung tema “Semangat Idul Fitri : Perkuat Silaturahmi, Kebersamaan dan Prestasi” ini dihadiri oleh ratusan sivitas akademika Fapet yang terdiri dari Pimpinan, Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan serta Para Pensiunan dan keluarga Pensiunan yang sudah berpulang.

Dekan Fapet Dr. Idat Galih Permana, M.Sc.Agr dalam sambutannya mengatakan “Acara dengan tema kita memperkuat silaturahmi dan juga kebersamaan tapi pada tahun ini tambah lagi dengan prestasi jadi kita selalu berharap bahwa memperkenalkan terus identitas dalam rangka menjalankan tugas-tugas kita selaku industri pencetak sumber daya manusia yang unggul dalam bidang peternakan”.

Apresiasi juga disampaikan oleh Dekan Fapet kepada Himpunan Alumni Fakultas Peternakan (Hanter) “Tahun ini kami dapat bantuan beasiswa dari Hanter untuk mahasiswa Fapet dan setiap tahun juga selalu memberikan perhatian kepada seluruh pensiunan Fapet”ungkapnya. “Untuk purnabakti Fapet tahun ini ada 6 orang, terima kasih atas dedikasi dan pengabdian serta kontribusi yang luar biasa dari para purnabakti. Harapannya agar para pensiunan terus bersama-sama kami, memberikan saran bagi pengembangan Fakultas, suatu hal yang sangat berharga bagi kami.” pungkasnya.

Acara halal bi halal Fapet 2024 juga menghadirkan Guru Besar Biokimia IPB Prof. Dr. drh. Hasim D.E.A sebagai penceramah. Prof. Hasim mengawali ceramhanya dengan kesan yang baik terhadap Fapet “Kecerdasan bangsa terletak disini karena kekurangan protein membuat generasi kita stunting”ujarnya.

Selanjutnya disampaikan beberapa hal terkait bulan Ramdhan dan Syawal. “Ketika kita masuk bulan Syawal seperti ini, saya yakin Bapak/Ibu yang sudah berpuasa Ramadhan tidak punya dosa  terhadap Allah dan memiliki karakter taqwa, karakter ahli surga di akhirat nanti. Karakter orang-orang yang terbaik di muka bumi menjadi kunci bagi keberkatan dari langit dan bumi”jelasnya.

Selanjutnya dipaparkan beberapa strategi agar kita setelah keluar dari Ramadhan sampai mati nanti bisa diampuni dan masuk surga Allah, yaitu menjaga taqwa, cirinya selalu infaq yang merupakan kunci silaturahmi dan kebersamaan. “Infaq dalam kaya maupun miskin, jika tidak ada harta, kita bisa shodaqoh dengan senyum kepada sesama, atau berdzikir dan bertasbih. Bagaimana shodaqoh kita di kampus? Menulis jurnal, dibaca oleh orang yang tadinya tidak tahu tentang komposisi pakan yang bagus untuk sapi jadi mengerti. Itu adalah infaq dan shodaqoh yang luar biasa”jelasnya.

Strategi lain yang juga disampaikan antara lain adalah dengan menahan amarah, dan menjadi pemaaf, sesuai dengan tema halal bihalal dan suka bertaubat. Berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwa, senantiasa mengingat Allah, istighfar, menjauhi sifat fasik dan wataknya tenang. kunci terakhir yaitu istiqomah dan menghadapi masalah dengan sabar (Femmy).

 

 

Fakultas Peternakan (Fapet) IPB University menjadi tuan rumah dalam acara Workshop Penyusunan Standardisasi Profil Sarjana Peternakan, yang diselenggarakan oleh Forum Pimpinan Pendidikan Tinggi Peternakan Indonesia (FPPTPI). Acara ini berlangsung pada Sabtu (4/5) di Lembaga Kawasan Sains dan Teknologi (LKST) Kampus IPB Taman Kencana. Sebanyak 85 peserta dari 42 perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, hadir dalam acara ini, termasuk para Dekan, Wakil Dekan, Ketua Departemen atau Jurusan, Ketua Program Studi, serta Sekretaris Program Studi.

Dekan Fapet IPB University, Dr. Ir. Idat Galih Permana, M.Sc.Agr, dalam sambutannya, menekankan pentingnya penyusunan profil lulusan yang sesuai dengan kebutuhan industri. “Penyusunan profil lulusan sangat penting karena ini menjadi acuan bagi penerimaan lulusan di industri,” ujarnya. “Kita perlu mengevaluasi apakah proses pembelajaran di fakultas kita sudah memenuhi kebutuhan industri, atau justru menyimpang. Profil lulusan ini adalah kunci bagaimana lulusan kita diterima di dunia kerja,” tambahnya.

Sekretaris Jenderal FPPTPI sekaligus Dekan Fakultas Peternakan Universitas Gajah Mada, Prof. Ir. Budi Guntoro, S.Pt., M.Sc., Ph.D., IPU., ASEAN Eng, menjelaskan bahwa workshop ini merupakan bagian dari rangkaian rapat kerja. “Saat ini, terdapat lebih dari 110 program studi peternakan dengan kurikulum yang beragam,” . Prof. Budi juga menambahkan bahwa profil sarjana peternakan tidak hanya ditujukan untuk industri, tetapi juga mencakup bidang akademik dan profesi lainnya. “Lulusan kita bekerja di berbagai sektor: industri, wirausaha, akademisi, bahkan pemerintahan. Inilah ragam profil sarjana kita,” jelasnya.

Acara ini juga dihadiri oleh Prof. Dr. Erika Budiarti Laconi, Kepala LKST dan Guru Besar Fapet IPB. Ia menyambut para peserta dengan hangat, mengajak mereka berkeliling kampus, dan menunjukkan berbagai inovasi yang dihasilkan oleh dosen dan mahasiswa Fapet. “Kami ingin menunjukkan bahwa Fakultas Peternakan akan terus eksis, karena kebutuhan protein hewani di Indonesia dan dunia masih sangat tinggi,” katanya. Prof. Erika juga mengungkapkan bahwa hampir 60% mahasiswa ingin menjadi pengusaha, dan kolaborasi antara Fapet dengan fakultas lainnya dapat menghasilkan produk-produk yang membanggakan.

Acara berjalan dengan lancar dan penuh antusiasme, menandakan komitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di bidang peternakan di Indonesia. (FD)

Welcome to the 2nd International Conference on Sustainable Animal Resource and Environment (ICARE) 2024

We are delighted to extend this invitation for you to participate in ICARE 2024, scheduled to take place from October 16-17, 2024, at IPB International Convention Center, Bogor, Indonesia. Organized by the Faculty of Animal Science, IPB University, this biennial event serves as a dynamic forum where experts come together to exchange knowledge, share experiences, and build robust networks aimed at addressing the evolving challenges in animal science. Our overarching theme, "Fostering resilience: animal environmental research and technology for sustainable production" will encompass discussions on a wide array of topics in animal production.

Don't miss the opportunity to join the ICARE 2024. A great program of speakers and sessions awaits you!
To register for the conference and submit your abstract, please visit the ICARE2024 website https://fapet.ipb.ac.id/icare/

IMPORTANT DATES

🗓️ Presenter Registration & Abstract Submission

Early bird: April 16 – May 31, 2024
Regular: June 1 – July 31, 2024

🗓️ Deadline Registration for Non-Presenter: September 31, 2024

📚 SCOPE OF TOPICS

1.    Sustainable animal genetic resources
2.    Frontier animal product technology
3.    Smart animal production systems and management
4.    Eco friendly animal feed resources and nutrition
5.    Animal welfare, health, and environment

For any inquiries or assistance, please don't hesitate to contact the ICARE 2024 Secretariat. We look forward to your active participation in ICARE 2024

☎️ CONTACT US


ICARE 2024 Secretariat

Faculty of Animal Science, IPB University
Email: icare@apps.ipb.ac.id
Phone (WhatsApp only): +6282110077487